Demi Saingi Apple, Samsung Rombak Software di Tahun 2013

    Author: Muhammad Marsa Ilmi Genre:
    Rating


    Apple sebelumnya telah begitu percaya diri di industri smartphone melalui rilis iPhone. Tapi siapa sangka beberapa tahun setelahnya Samsung muncul dari sebuah kekuatan kecil di Korea Selatan menjadi pesaing terkuat Apple yang bahkan telah menguasai pasar smartphone dunia.

    Tidak ada sebuah industri yang dikuasai Apple saat ini sementara Samsung telah berjaya dengan menjadi raja di pasar smartphone. Jumlah handset yang dijual Samsung juga telah jauh melampaui penjualan iPhone. Namun perlu dicatat bahwa meskipun Samsung telah menjual lebih banyak smartphone (sebagian besar Android) dibanding Apple tetapi laba yang dihasilkan Apple masih jauh melampaui pendapatan Samsung.

    Samsung barangkali cukup sukses dengan menghasilkan laba $6 miliar kuartal pada ketiga 2012 lalu, tak lepas dari tingginya penjualan smartphone Android. Namun harus diakui bahwa Samsung masih kalah dari Apple dalam hal penyediaan layanan.

    Seperti diketahui, Apple memiliki banyak layanan, salah satunya iTunes. Melalui iTunes, Apple menyediakan musik, film dan berbagai konten lain yang bisa diakses melalui produk-produk Apple. Di lain sisi, Samsung tidak memiliki layanan sesukses iTunes. Samsung Music Hub yang dirilis beberapa waktu lalu juga tidak memberikan kontribusi berarti bagi penghasilan Samsung.

    Kelihaian Samsung dalam ranah hardware dan promosinya tak perlu diragukan. Tetapi untuk bisa sejajar dengan Apple, atau merebut pangsa pasar yang lebih luas, Samsung harus fokus pada layanan atau lebih tepatnya pengembangan software. Dan tampaknya hal tersebut telah ada di dalam rencana Samsung mengingat bulan depan, saat perhelatan Consumer Electronics Show di Las Vegas, Samsung akan memamerkan desain baru dari Smart Hub di perangkat-perangkat buatannya. Hal itu diketahui dari munculnya bocoran Samsung Smart TV yang menunjukkan Smart Hub dengan desain baru. Dengan kata lain, Samsung sepertinya telah menyadari letak titik kelemahannya dan akan segera melakukan perombakan besar-besaran di tahun 2013. Jika Samsung berhasil dengan strateginya dalam memberikan layanan yang terintegrasi di semua produknya, bukan tidak mungkin Samsung akan semakin memperkokoh posisinya sebagai produsen elektronik terbesar dan terkaya di dunia, menggantikan posisi Apple….
    ^ Desain baru Smart Hub di Samsung Smart TV


    Leave a Reply