10 Aplikasi Blackberry Favorit Saya

    Author: Muhammad Marsa Ilmi Genre:
    Rating



    Pakek HP BB (Blackberry) itu boleh-boleh aja kok. Tapi asalkan jangan sampai BB itu hanya sekedar dijadikan gaya atau ikut-ikutan tren (terutama untuk anak-anak muda), tapi sebagai smartphone yang bisa kita optimalkan penggunaannya untuk belajar banyak hal baru. Bagi para pengguna BB yang sudah lumayan lama memakai gadget ini, tentu aplikasi-aplikasi berikut ini sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi bagi para pengguna baru yang masih bingung tentang kegunaan BB, berikut saya ingin sedikit 'bocorkan' aplikasi-aplikasi favorit saya.

    1. Blackberry Messenger (BBM)




    ВВМ bukan sekedar pengganti SMS tapi juga lebih berguna karena bisa juga mengirimkan foto, voice note, dan file lainnya dengan mudah dan cepat. Selain itu bagi yang suka pamer, ВВМ bisa dimanfaatkan untuk memamerkan apa saja yang ingin dipamerkan karena kamu bisa mengganti DP (display picture) dan status ВВМ kamu sesuka hati (tapi jangan setiap menit juga ya). Satu hal lagi, BBM terkini yang telah terupdate juga menyediakan fasilitas baru yakni telepon. Ada juga fasilitas BBM Channel dimana fasilitas ini memungkinkan kita memiliki suatu mini timeline dimana pada timeline tersebut terdapat berbagai artikel dari BBM Channel yang kita ikuti. Istilahnya, sudah seperti mini blog. Pada private chat yang terbaru juga sudah tersedia fasilitas BBM Sticker baik yang free maupun yang berbayar. Kita bisa membeli berbagai stiker lucu di BBM Shop. Dan mulai tahun 2014 ini, BBM sudah tersedia di iOS dan Android (Gingerbread keatas).

    2. WhatsApp Messenger


    Sebenernya WhatsApp ini fungsinya sama dengan Blackberry Messenger (BBM). Tetapi bedanya, WhatsApp ini tidak menggunakan pin BB namun menggunakan nomor telepon masing-masing pengguna. Dan satu kelebihan lagi, WhatsApp ini tidak hanya bisa dioperasikan di smartphone OS Blackberry, tetapi bisa juga digunakan di smartphone lain yang menggunakan OS Android, Symbian, iOS, Windows Phone, dan lain-lain. Sehingga, jangkauan penggunanya jauh lebih luas. Berbincang dengan berbagai teman dengan latar belakang device yang berbeda pun dapat dilakukan dengan mudah.

    3. Ubersocial

    Ubersocial adalah salah satu aplikasi yang terhubung dengan Twitter. Saya lebih menyukai Ubersocial daripada Twitter for Blackberry® karena loadingnya lebih cepat dan tampilannya lebih menarik. Twitter bagi saya, tidak seperti Facebook, merupakan jejaring yang lebih sebagai jejaring informasi daripada jejaring sosial. Disini saya bisa membaca mini artikel dalam bahasa Inggris dan terhubung dengan artikel aslinya melalui link, membaca tweet-tweet dalam bahasa Inggris yang dibuat para native-speaker bahasa Inggris, dan berkomunikasi dengan orang-orang baru dari seluruh dunia bahkan selebriti. Kegiatan membaca tidak pernah semenyenangkan ini. Kita juga bisa berbagi foto, video yang terhubung ke Youtube, dan yang paling seru adalah meramaikan hashtag (#) yang sedang tren di seluruh dunia. Twitter melalui Ubersocial jadi lebih mudah dan menyenangkan.

    4. Munch Screen


    Aplikasi ini ibaratnya seperti fungsi Print Screen di komputer atau laptop. Kita bisa mengabadikan semua yang ada di layar BB kita dengan satu klik saja. Sangat mudah dan berguna dan yang pasti aplikasi ini gratis. Jika ingin variasi suara dan warna baru kamu harus beli aplikasi berbayarnya. Setelah hasil screen capture-nya kita dapat, kita bisa langsung share kemanapun. Sangat praktis.

    5. Document To Go

    Blackberry bagi saya tidak hanya sebuah alat komunikasi tapi juga bagaikan sebuah komputer kecil. Saya suka menulis tetapi tidak semua ide yang saya ingin tuliskan muncul begitu saja disaat memegang laptop atau netbook, ide-ide itu terkadang muncul di saat-saat tidak terduga, contohnya seperti sesaat sebelum tidur, saat sedang menonton TV, dan saat sedang makan di restoran. Untuk HP Blackberry saya, Document To Go adalah solusinya. Saya bisa menulis dimana saja dan kapan saja (selama baterai BB-nya masih ada ya, secara baterai BB terkenal cepat habis, kudu bawa Power Bank).

    6. Photo Studio


    Sejak dulu saya suka melihat-lihat foto terutama foto-foto pemandangan. Saya pun mulai menyukai fotografi dan belajar fotografi secara otodidak. Mengambil fotopun hanya memakai insting dan daya kreativitas yang saya miliki, itupun hanya menggunakan kamera digital biasa, bahkan terkadang hanya menggunakan kamera HP saya, yang salah satunya merupakan HP Blackberry. Akhirnya saya mencari-cari aplikasi foto di Blackberry dan dari beberapa yang saya unduh, Photo Studio adalah favorit saya. Aplikasinya ada yang gratis/free dan ada juga yang berbayar yang tentunya menyediakan lebih banyak fitur unggulan ketimbang versi gratisnya.

    7. Opera Mini



    Terus terang saya tidak terlalu suka dengan browser bawaan BB karena proses loadingnya lama, seperti yang saya alami pada saat memakai BB Gemini. Meskipun pada OS 7 seperti pada BB Bellagio saya sudah mulai mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan loadingnya sudah jauh lebih cepat dari OS yang terdahulu. Jadi, saat saya masih menggunakan BB Gemini dulu, saya putuskan untuk mengunduh Opera Mini. Di Opera Mini, mengunduh lebih cepat dan tampilan tidak kaku. Saya bisa buka website favorit saya disini, dari mulai cari informasi, dan mengunduh lagu.

    8. Islamic Pocket Guide


    Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang sering bepergian dan butuh untuk mengetahui waktu sholat setiap waktu. Saya merasakan kegunaannya saat bulan Ramadhan yang lalu untuk penanda waktu berbuka. Ada juga artikel-artikel keagamaan yang singkat dan bermanfaat yang di update setiap minggu. Hanya saja yang sedikit mengganggu adalah frekuensi promosi dari toko online yang membuat aplikasi ini yang selalu di update bersamaan dengan artikelnya.

    9. iSpeech Translator


    Suka belajar bahasa asing? Wajib punya aplikasi ini. Saya unduh aplikasi ini secara gratis dari Blackberry Application World. Sebenarnya aplikasi ini berbayar namun pada akhir tahun kemarin RIM sedang memberikan hadiah aplikasi-aplikasi yang dapat dengan gratis diunduh. Aplikasi ini adalah salah satunya. Di dalamnya, terdapat lebih dari 20 bahasa asing yang dapat diterjemahkan ke bahasa lainnya termasuk ke Bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

    10. PDF To Go


    Bagi pencinta kegiatan membaca seperti saya pasti tidak asing dengan yang namanya e-book. Selain dapat dibaca lewat komputer atau e-book reader, kita juga bisa lho membacanya di BB (kalau bentuknya PDF). Unduh PDF To Go. Kamu bisa baca e-book favorit kamu dimana saja dan kapan saja. Cuma sayang hanya disediakan free trial untuk beberapa hari di setiap BB.

    Nah teman-teman, saya bukan penjual Blackberry, tidak juga dibayar untuk promosi, dan artikel ini juga tidak bertujuan untuk promosi. Saya hanya membagikan pengalaman saya karena Blackberry dan aplikasi-aplikasinya telah mempermudah dan membantu kegiatan saya sehari-hari, bukan buat keren-kerenan dan ikut-ikutan tren. Mudah-mudahan bermanfaat buat para pengguna BB yang baru maupun yang lama. Yang bukan pengguna BB, silakan menambah pengetahuan kamu tentang gadget ini dan jika membaca artikel ini membuat kamu ingin membelinya, itu boleh saja. Asal tidak memaksakan diri dan memang benar-benar memerlukan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sekian dulu ya artikel kali ini. Terus ikuti artikel-artikel aku berikutnya! 

    Leave a Reply